Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan

Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dapat ditempuh dengan berbagai cara antara lain, peningkatan kurikulum, peningkatan kompetensi guru, peningkatan kualitas pembelajaran, efektifitas metode pembelajaran, peningkatan kualitas sarana dan prasarana belajar dan bahan ajar yang memadai. Dalam kegiatan mengajar, untuk mencapai hasil dan tujuan hasil yang diinginkan tenaga pengajar bertugas menyelenggarakan kegiatan mengajar, melatih, meneliti, mengembangkan,  mengelola,  dan memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan.

Selain peran komponen-komponen tersebut, tenaga pengajar atau guru mempunyai tugas yang berpengaruh cukup besar terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tugas guru tidak hanya selesai pada pemberian materi belajar terhadap siswa saja, namun lebih dari itu bahwa guru harus mampu menyelenggarakan sebuah pembelajaran. Adapun yang dimaksud menyelenggarakan adalah guru menyiapkan sebuah susunan rencana untuk kegiatan mengajar, menentukan metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa yang diajar, membuat siswa menjadi siap belajar, mengelola kelas supaya proses belajar siswa berjalan dengan baik, membuat siswa mengalami hal belajar, hal belajar yang dimaksud yaitu ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku pada diri siswa tersebut, serta guru melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dengan  harapan  dapat  menjadi  bahan  pertimbangan  maupun  perbaikan untuk pelaksanaan pembelajaran kedepannya supaya menjadi lebih baik lagi.

 

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat

Referensi :

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *